Azizah, Leli (2011) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Siklus (Learning Cycle) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK kelas VII SMP Negeri 19 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LELI_AZIZAH_87921_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LELI_AZIZAH_87921_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LELI_AZIZAH_87921_2011.pdf
Download (291kB)
Abstract
Mata Pelajaran TIK merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dipelajari siswa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan teknologi untuk dimanfaatkan dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah, sehingga selepas dari jenjang pendidikan yang ditempuhnya ada nilai tambah yang dimiliki. Namun masalah yang ditemui adalah kurangnya peran serta siswa dalam proses pembelajaran karena siswa tidak termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilaksanakanlah suatu penelitian dengan membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Siklus (Learning Cycle) dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Siklus (Learning Cycle) di SMPN 19 Padang. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy exsperiment yang bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Berbasis Siklus (Learning Cycle) di bandingkan dengan pembelajaran yang bersifat konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 19 Padang yang berjumlah 200 orang yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan VII sebagai kelas kontrol masingmasing berjumlah 39 orang siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa sebanyak 40 soal objektif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa yaang diperoleh dari hasil tes akhir setelah penelitian dan sumber data adalah nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji t (t-test). 4 Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen (79,87) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol (72,43. Sedangkan dari uji t-tes diperoleh t hitung (2,73) lebih besar dari t tabel taraf signifikan α 0,05 yang menandakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar antara kelompok eksperimen yang belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Siklus (Learning Cycle) dibandingkan dengan kelompok kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP N 19 Padang. Dengan demikian dapat diketahui bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Siklus (Learning Cycle) memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Siklus (Learning Cycle), Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:37 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26064 |