Ana, Ledi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Metode Discovery di Kelas IV SD 06 CubadakLilin. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LEDI_ANA_07684_3882_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LEDI_ANA_07684_3882_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LEDI_ANA_07684_3882_2011.pdf
Download (347kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPA. Hal ini disebabkan guru masih dominan menggunakan metoda ceramah yang menganggap pelajaran IPA adalah hafalan. Padahal untuk menyampaikan materi IPA dibutuhkan metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, sehingga siswa dapat memahami konsep IPA dan tidak merasa bosan. Selain itu juga dibutuhkan metoda yang menunjang keberhasilan pembelajaran. Diantara berbagai metodel pembelajaran yang ada terdapat Discovery. Metode ini ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpikir,berpendapat,mengemukakan hipotesa,melakukan percobaan dan menemukan kesimpulan. Melihat hal tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Discovery di SDN 06 Cubadak Lilin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tidakan kelas untuk melihat implementasi metode Discovery pada pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pada siklus I materinya gaya dan lanjutanyadi siklus II. Dimana setiap siklus dilaksanakan satu kali pertemuan dengan alokasi waktu 70 menit. Penelitian ini dilaksanakan pada SDN 06 Cubadak Lilin dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan teknik observasi, dan evaluasi berupa soal isian dan uraian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, peyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: dari hasil tes yang telah dilakukan teryata tingkat pemahaman siswa terhadap materi meningkat.. Dari nilai rata-rata hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Discovery pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Jumlah siswa kelas IV SD 06 Cubadak Lilin adalah 19 0rang, jumlah laki-laki 11 orang dan perempuan 8 orang. Nilai siklus I dengan rata-rata 6,8 dan pada siklus II rata-rata 8,9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 06 Cubadak Lilin.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Discovery |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:36 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26061 |