Albusta, Silvia (2011) Pengaruh Penerapan Pembelajaran dengan Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Menggunakan Leaflet Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IA SMA N 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SILVIA ALBUSTA-84129-2011.pdf [thumbnail of final_B1_SILVIA ALBUSTA-84129-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SILVIA ALBUSTA-84129-2011.pdf
Download (241kB)
Abstract
Permasalahan yang sering ditemui dalam pembelajaran fisika adalah rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah penerapan berbagai metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan tutor sebaya (peer tutoring) menggunakan leaflet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran dengan tutor sebaya (peer tutoring) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IA SMA N 2 Pariaman. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA N 2 Pariaman tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sehingga diperoleh kelas sampel yaitu kelas XI IA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IA sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data penelitian adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf signifikan 5% untuk ranah kognitif, sedangkan ranah afektif ditampilkan dalam grafik secara kualitatif. 1 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah kognitif, nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen adalah 57,01 sedangkan kelas kontrol 46,93. Ranah afektif pada kelas eksperimen rata-rata memenuhi kriteria baik sedangkan pada kelas kontrol rata-rata memenuhi kriteria cukup. Hal ini terbukti melalui grafik perkembangan sikap siswa setiap pertemuan. Oleh karena itu hipotesis penelitian yang berbunyi “Terdapat pengaruh yang berarti penerapan pembelajaran dengan tutor sebaya (peer tutoring) menggunakan leaflet terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IA SMA N 2 Pariaman” dapat diterima pada taraf signifikan 5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari pembelajaran dengan tutor sebaya (peer tutoring) menggunakan leaflet terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IA SMA N 2 Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran fisika, tutor sebaya (peer tutoring), leaflet, hasil belajar siswa, kelas XI IA, SMA N 2 Pariaman, Cluster Random Sampling, uji t, ranah kognitif dan afektif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 03:36 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 03:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26060 |