Agustin, Laura (2011) Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Berbantukan Handout Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Singkarak Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LAURA AGUSTIN-84102-2011.pdf [thumbnail of final_B1_LAURA AGUSTIN-84102-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LAURA AGUSTIN-84102-2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar fisika di SMAN 1 Singkarak adalah rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, telah digunakan model pembelajaran ARCS berbantukan handout. Untuk melihat keberhasilan model ini, dikaji perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ARCS berbantukan handout dengan pembelajaran menurut KTSP dan perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan motivasi rendah serta interaksi motivasi terhadap pembelajaran ARCS berbantukan handout dengan pembelajaran menurut KTSP. Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design dengan populasinya adalah semua siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Singkarak yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2010-2011. Sedangkan sampel adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang diambil melalui Cluster Random Sampling. Data hasil penelitian ini adalah berupa hasil tes tertulis untuk ranah kognitif, pengamatan/observasi untuk ranah afektif dan pengisian angket untuk motivasi. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis melalui Analisis Variansi dua arah untuk ranah kognitif, sedangkan ranah afektif melalui interpretasi data yang ditampilkan dalam grafik secara kualitatif. Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan bahwa hasil belajar pada ranah afektif secara rata-rata di kelas eksperimen adalah 77,8 dan di kelas kontrol adalah 64,6. Pada ranah kognitif nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen kelompok motivasi tinggi adalah 83,73 dan kelompok rendah adalah 80,42. Sedangkan nilai rata-rata tes akhir kelas kontrol kelompok motivasi tinggi adalah 68,21 dan kelompok rendah 67,44. Dengan menggunakan analisis variansi dua arah dengan interaksi diperoleh F hitung untuk hipotesis 1 adalah 123,68 dan F = 4,03, untuk hipotesis 2 F hitung = 3,54 dan F tabel = 4,03 dan hipotesis 3 F hitung tabel = 0,37 dan F = 4,03 pada taraf nyata 0,05. Sehingga hipotesis 1 diterima sedangkan hipotesis 2 dan hipotesis 3 ditolak. Dengan demikian model pembelajaran ARCS berbantukan handout berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 02:23 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 02:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26055 |