Warda, Lathifa (2011) Perbedaan Persiapan Belajar Antara Siswa yang Memperoleh Hasil Belajar Tinggi Dengan Siswa yang Memperoleh Hasil Belajar Rendah (Studi Terhadap Siswa SMA N 1 Kamang Magek Kabupaten Agam). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LATHIFA_WARDA_880858_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LATHIFA_WARDA_880858_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LATHIFA_WARDA_880858_2011.pdf
Download (713kB)
Abstract
Keberhasilan dan kesuksesan siswa dalam belajar sangat ditentukan oleh persiapan diri dan rutinitas belajar. Kenyataannya banyak di antaranya siswa yang tidak memiliki persiapan yang matang dalam belajar, hal ini dibuktikan bahwa ada siswa yang memiliki hasil belajar tinggi dan ada yang memiliki hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji perbedaan persiapan belajar siswa yang memperoleh hasil belajar tinggi dan rendah. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI sebanyak 169 orang. Teknik pengambilan sampel sampling kuota dengan sampel 60 orang. Instrumen penelitian adalah angket. Data dianalisis dengan analisis statistik sederhana. Untuk menguji perbedaan digunakan statistik parametrik yaitu uji t. Temuan penelitian menunjukkan secara umum: 1) Persiapan belajar siswa yang memperoleh hasil belajar tinggi dikategorikan cukup baik (CB). 2) Persiapan belajar siswa yang memperoleh hasil belajar rendah juga berada pada kategori cukup baik (CB). Dari uji beda diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara persiapan belajar siswa yang memperoleh hasil belajar tinggi dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada siswa yang memiliki hasil belajar tinggi agar dapat mempertahankan persiapan belajarnya dengan baik dan siswa yang memiliki hasil belajar rendah agar dapat meningkatkan persiapan belajar dengan baik. Guru pembimbing agar dapat membimbing dan memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswanya melalui pemberian layanan bimbingan konseling kepada siswa seperti layanan informasi, penguasaan konten, konseling individual, bimbingan kelompok dan konseling kelompok. Kerja sama guru mata pelajaran dan unsur sekolah lainnya sangat dibutuhkan untuk membantu pencapaian persiapan belajar siswa dan melengkapi fasilitas yang menunjang pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persiapan Belajar, Hasil Belajar Tinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 02:13 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 02:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26052 |