Juwita, Lasma (2012) Hubungan Pelaksanaan Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LASMA JUWITA 93449_2009.pdf [thumbnail of final_B1_LASMA JUWITA 93449_2009.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LASMA JUWITA 93449_2009.pdf
Download (1MB)
Abstract
Guru memegang peran yang strategis dalam proses pembelajaran. Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran akan sangat menentukan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu guru dituntut memiliki kinerja yang baik. Kinerja guru dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah. Hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar menunjukan indikasi bahwa kinerja guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran masih rendah. Hal ini diduga disebabkan kurang efektifnya pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar (2) pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah di SD Negeri Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar dan (3) hubungan pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah dengan kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Populasi dari penelitian ini adalah Guru-guru SD Negeri Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar yang berstatus PNS sebanyak 214 Orang, tersebar pada 6 gugus. Yang menjadi sampel penelitian adalah gugus I dan III dengan responden sebanyak 50 orang. Penarikan anggota sampel atau responden dilakukan dengan stratifield proporsional random sampling dan menggunakan rumus Cochran. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket diujicobakan pada 15 orang responden yang tidak termasuk sampel penelitian, hasilnya angket penelitian ini valid dan reliabel. Data dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) kinerja guru SD Negeri Kecamatan Lima Kaum berada pada kategori baik (86.73 % dari skor ideal), (2) pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah berada pada kategori cukup (75.85 % dari skor ideal), dan (3) terdapat hubungan yang berarti antara pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah dengan kinerja guru SD Negeri Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar, dengan r hitung sebesar 0.445 dan r tabel 0.376 pada taraf kepercayaan 99%, yang berarti bahwa pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru SD Negeri Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Supervisi, Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:45 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26049 |