Agusneti, Lasdeni (2011) Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan di Kelas II SD Negeri 11 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LASDENI_AGUSNETI_90554_513_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LASDENI_AGUSNETI_90554_513_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LASDENI_AGUSNETI_90554_513_2011.pdf
Download (258kB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dan data rekapitulasi nilai kelas II SD Negeri 11 Lubuk Buaya pada akhir semester I tahun 2009 dan 2010, Maka dilakukan penelitian untuk meningkatkan pembelajaran serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan di kelas I SD Negeri 11 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan karena pendekatan ini merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataupun lisan, sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan karena peneliti perlu untuk pengolahan data, data yang diperoleh berupa angka-angka sebagai lambang dari peristiwa untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah Peneliti dan siswa di kelas I SD Negeri 11 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah kota Padang. Data penelitian ini diperoleh berupa hasil pengamatan, hasil tes, dan refleksi diri yang peneliti lakukan dari setiap tindakan perbaikan melalui metode inkuiri. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilakukan terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik. Pada tes siklus I rata-rata hasil belajar siswa 7,3. Selanjutnya pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai 9,5. Peneliti mengambil kesimpulan penggunaan pendekatan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan di kelas II SD Negeri 11 Lubuk Buaya Kecamatan Koto tangah Kota Padang telah berhasil peneliti lakukan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Keterampilan, Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:45 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26048 |