Persiapan Siswa untuk Memasuki Dunia Kerja: Studi Terhadap Siswa Kelas XII Jurusan Tata Boga SMK N 9 Padang

Fitri, Lany (2011) Persiapan Siswa untuk Memasuki Dunia Kerja: Studi Terhadap Siswa Kelas XII Jurusan Tata Boga SMK N 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LANY_FITRI_72370_2758_2011.pdf] Text
final_B1_LANY_FITRI_72370_2758_2011.pdf

Download (154kB)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah lembaga pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didiknya terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu atau melanjutkan ke pendidikan tinggi bidang vokasional. Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) siswa diharapkan dapat memahami dan berperan aktif dalam mempersiapkan karirnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persiapan siswa kelas XII Jurusan Tata Boga SMK N 9 Padang untuk memasuki dunia kerja dilihat dari: (1). Persiapan fisik dilihat dari segi persiapan menjaga kesehatan dan dari segi perhatian terhadap penampilan dan kebersihan lingkungan, (2). Persiapan psikis yang dapat dilihat dari segi persiapan meningkatkan keyakinan terhadap kemampuan diri dan dari segi persiapan melatih pengendalian emosi serta (3). Persiapan akademis yang dapat dilihat dari segi persiapan meningkatkan pengetahuan terhadap pekerjaan yang akan diambil dan dari segi persiapan menambah pengalaman dan keterampilan. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif, instrumen penelitian adalah angket, populasi penelitian berjumlah 106 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 dan sampel penelitian 53 orang siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik yaitu persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1). Dari aspek persiapan fisik, 58,34% siswa memiki persiapan yang baik dari segi menjaga kesehatan dan 81,83% siswa memiliki persiapan yang baik pula dari segi memperhatikan penampilan dan kebersihan lingkungan; (2). Dari segi persiapan psikis, 81,1% siswa memiliki persiapan yang baik dari segi menumbuhkan rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimilki, dan 70,55% siswa memiliki persiapan yang baik dari segi melatih pengendalian emosi; dan (3). Dari segi persiapan akademis 55,24% siswa memiliki persiapan yang baik dari segi meningkatkan pengetahuan terhadap pekerjaan yang akan diambil serta 49,61% siswa sudah memilki persiapan yang baik pula dari segi menambah pengalaman dan keterampilan. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada Guru Pembimbing agar membantu siswa untuk dapat meningkatkan persiapan diri dalam memasuki dunia kerja terutama dari segi persiapan fisik dan psikis. Kepada Guru Mata Pelajaran, bekerja sama dengan Guru Pembimbing untuk lebih meningkatkan lagi pemberian informasi dan motivasi kepada siswa tentang persiapan untuk memasuki dunia kerja.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persiapan Siswa, Memasuki Dunia Kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:06
Last Modified: 01 Oct 2025 01:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26044

Actions (login required)

View Item
View Item