Pengaruh Penggunaan Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII SMP N 6 Pariaman

Yulanda, Silvi (2011) Pengaruh Penggunaan Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII SMP N 6 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SILVI_YULANDA_87932_5715_2011.pdf] Text
final_B1_SILVI_YULANDA_87932_5715_2011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti tentang pembelajaran TI&Ki di SMP N 6 Pariaman, proses pembelajaran TI&K kurang berjalan dengan baik karena kurangnya pemanfaatan media, sehingga motivasi belajar siswa kurang, akibatnya hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut maka digunakanlah model pembelajaran word square dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Tekonologi Informasi dan Komunikasi . Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 6 Pariaman yang berjumlah 92 orang yang terdiri dari 3 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VII 2 dan VII masing-masingnya berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). 3 Hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran word square 71,77 dengan standar deviasi (SD) 9,074 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran word square 65,56 dengan standar deviasi (SD) 8,65. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,713 sedangkan t-tabel untuk taraf signifikan 0,05 adalah 2,000, sehingga t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran word square berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dikelas VII SMP N 6 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran word square, hasil belajar, teknologi informasi dan komunikasi, SMP N 6 Pariaman, kuasi eksperimen, t-test, motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 30 Sep 2025 09:06
Last Modified: 30 Sep 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26040

Actions (login required)

View Item
View Item