Pengaruh Media Pelajaran Berbasis Macromedia Flash terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2010/2011

Putri, Silvi Utari (2011) Pengaruh Media Pelajaran Berbasis Macromedia Flash terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SILVI UTARI PUTRI_86085_2011.pdf] Text
final_B1_SILVI UTARI PUTRI_86085_2011.pdf

Download (305kB)

Abstract

Berbagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa telah dilakukan oleh guru matematika, namun usaha tersebut belum memberikan hasil yang maksimal. Guru sebagai orang yang terlibat langsung dalam pembelajaran harus bisa merancang pembelajaran yang menyenangkan dan membangkitkan minat siswa untuk belajar matematika. Salah satu caranya adalah menggunakan media pelajaran berbasis macromedia flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media pelajaran berbasis macromedia flash. Hipotesis penelitian ini adalah minat dan hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 2 Payakumbuh yang menggunakan media pelajaran berbasis macromedia flash lebih baik dari hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pelajaran berbasis macromedia flash. Pertanyaan penelitian adalah bagaimana minat siswa kelas X SMAN 2 Payakumbuh yang pembelajarannya menggunakan media pelajaran berbasis macromedia flash? Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian untuk minat adalah One Group Pretest-Postest Design sedangkan untuk hasil belajar digunakan rancangan Randomized Control-group Only Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMAN 2 Payakumbuh tahun pelajaran 2010/2011. Teknik penentuan sampel adalah random sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas X yang menggunakan media pelajaran berbasis macromedia flash sebagai kelas eksperimen dan X i 5 yang tidak menggunakan media pelajaran berbasis macromedia flash sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes akhir berupa soal essay dan pengamatan dengan menggunakan angket minat belajar siswa. Dari hasil deskripsi dan analisis data diketahui bahwa peningkatan ratarata minat belajar siswa belum begitu tinggi. Walaupun demikian nilai tes akhir yang didapat oleh siswa yang minat belajarnya meningkat dapat melebihi nilai KKM yang telah ditetapkan (65). Jadi dapat disimpulkan, media pelajaran berbasis macromedia flash dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran berbasis macromedia flash, minat belajar, hasil belajar matematika, siswa kelas X, SMAN 2 Payakumbuh, penelitian eksperimen, One Group Pretest-Posttest Design, Randomized Control-group Only Design
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 30 Sep 2025 09:05
Last Modified: 30 Sep 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26037

Actions (login required)

View Item
View Item