Peningkatan Pembelajaran Penjumlahan Pecahan Melalui Pendekatan Realistik Matematik Education pada Siswa kelas IV SDN 07 Kampung Pinang kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang

Fidar, Lailul (2011) Peningkatan Pembelajaran Penjumlahan Pecahan Melalui Pendekatan Realistik Matematik Education pada Siswa kelas IV SDN 07 Kampung Pinang kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LAILUL_FIDAR_90274_3124_2011.pdf] Text
final_B1_LAILUL_FIDAR_90274_3124_2011.pdf

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan, pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar (SD) belum menggunakan pendekatan Realistik Matematik Education. Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 07 Kampung Pinang Kecamatan Bungus teluk kabung Kota Padang bahwa guru kelas IV SD mengajarkan matematika masih dengan cara tradisional dengan arti kata belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran penjumlahan pecahan dengan pendekatan Realistik Matematik Education untuk meningkatkan hasil belajar matematika yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir, dan (3) hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes. Subjek penelitian adalah peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan matematika realistik pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 77,2 dan pada siklus II ratarata 88,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pembelajaran Penjumlahan Pecahan, Pendekatan Realistik Matematik Education
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 30 Sep 2025 09:05
Last Modified: 30 Sep 2025 09:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26035

Actions (login required)

View Item
View Item