Putri, Silvi Dwi (2011) Pengaruh Active Learning Terhadap Hasil Belajar Hidrokarbon di SMA N 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SILVI DWI PUTRI-86302-2011.pdf [thumbnail of final_B1_SILVI DWI PUTRI-86302-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SILVI DWI PUTRI-86302-2011.pdf
Download (275kB)
Abstract
Kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon adalah penerapan strategi pembelajaran active learning dengan menggunakan kartu index. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh active learning dengan menggunakan kartu index terhadap hasil belajar hidrokarbon di SMA N 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian the one shoot case study. Hasil belajar siswa diukur dengan membandingkan nilai tes akhir dan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar kimia siswa yang menerapkan active learning pada pokok bahasan hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran active learning, kartu index, hasil belajar, hidrokarbon, SMA N 2 Payakumbuh, penelitian eksperimen, one shot case study |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 09:05 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 09:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26034 |