Kontribusi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Produktif Kelas X Teknik Informatika SMK Kansai Pekanbaru

Defasari, Silvi (2011) Kontribusi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Produktif Kelas X Teknik Informatika SMK Kansai Pekanbaru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SILVI DEFASARI-80627-2011.pdf] Text
final_B1_SILVI DEFASARI-80627-2011.pdf

Download (341kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. KKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran Produktif di SMK Kansai Pekanbaru adalah ≥ 70 dngan rentang nilai 0 - 100. Kenyataan di lapangan bahwa 58,7 % siswa memperoleh nilai di bawah standard KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap besarnya kontribusi kepribadian guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat Produktif kelas X Teknik Informatika SMK Kansai Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden mengenai kepribadian guru dan motivasi belajar mata diklat Produktif melalui pengisisan angket, sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata pelajaran Produktif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Informatika SMK Kansai Pekanbaru yang berjumlah 164 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian berjumlah 116 orang yang diambil berdasarkan Simple Random Sampling (acak). Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 12.0. Hasil pengolahan data didapatkan (1) Hipotesis pertama, hasil analisis uji-f didapat f hitung sebesar 16,400 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan f > f tabel, berarti terdapat kontribusi yang signifikansi antar variabel dengan R (R Square) sebesar 0,126 (2) Hipotesis kedua, hasil analisis uji-f didapat f sebesar 11,767 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan f berarti terdapat kontribusi yang signifikan antar variabel dengan R 2 hitung (R Square) sebesar 0,094 (3) Hipotesis ketiga, dari analisis diperoleh F sebesar 14,133 pada taraf signifikansi 0,05 dengan ketentuan F hitung > F tabel hitung , berarti terdapat kontribusi yang signifikan antar variabel dengan R 2 > f tabel, (R Square) sebesar 0,200 atau sebesar 20%. Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, kepribadian guru, motivasi belajar, kontribusi, mata diklat produktif, SMK Kansai Pekanbaru, teknik informatika, deskriptif korelasional, SPSS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 30 Sep 2025 09:05
Last Modified: 30 Sep 2025 09:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26031

Actions (login required)

View Item
View Item