Efektifitas Pendekatan Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII.2 di SMP Negeri 4 Pariaman.

Rahmadian, Laila (2009) Efektifitas Pendekatan Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII.2 di SMP Negeri 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LAILA_RAHMADIAN_63713_2009.pdf] Text
final_B1_LAILA_RAHMADIAN_63713_2009.pdf

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah yang menunjukan bahwa peserta didik terkadang mengalami kesuntukan, kebosanan dan kejenuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan tutor sebaya efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII.2 di SMP Negeri 4 Pariaman dalam pokok bahasan Penggunaan Menu Ikon Dalam Membuat Berkas Baru Dengan Program Pengolahan Angka pada semester dua tahun ajaran 2008/2009. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Penggunaan Pendekatan Tutor Sebaya Efektif Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VIII.2 SMP Negeri 4 Pariaman dalam taraf kepercayaan 95%. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan tutor sebaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 7 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan sampel kelas VIII.2 dan VIII.3. Teknik pengumpulan data adalah tes dan alat untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal objektif dan teknik analisis data menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 3,71 > 1,980, t hitung > t tabel yang dibuktikan dengan taraf kepercayaan 5 % yang terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan tutor sebaya dengan pendekatan konvensional. Jadi hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini Penggunaan Pendekatan Tutor Sebaya Efektif Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VIII.2 SMP Negeri 4 Pariaman dalam taraf kepercayaan 95% dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model tutor sebaya sangat efektif diterapkan pada mata pelajaran TI&K pada pokok bahasan Penggunaan Menu Ikon dalam membuat berkas baru dengan program pengolahan angka dibandingkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Pendekatan Tutor Sebaya, Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 30 Sep 2025 09:04
Last Modified: 30 Sep 2025 09:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26028

Actions (login required)

View Item
View Item