Putri, Maidina Yunella (2011) Pengaruh Pemberian Speed Test terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Kelas VII SMP N 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MAIDINA_YUNELLA_PUTRI_72268_798_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MAIDINA_YUNELLA_PUTRI_72268_798_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MAIDINA_YUNELLA_PUTRI_72268_798_2011.pdf
Download (257kB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan diketahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi-materi dalam pelajaran TIK. Hal ini dikarenakan motivasi belajar siswa yang kurang dibuktikan dengan guru yang masih belum berinisiatif untuk menemukan berbagai cara dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga otomatis hasil belajar siswa SMP N 25 Padang masih belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimal (KKM). Speed test adalah salah satu cara mengukur prestasi belajar. Speed test merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui kecepatan seseorang dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan dengan waktu terbatas. Jadi, dengan adanya Speed test, siswa dimotivasi untuk belajar lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menyatakan pengaruh pemberian speed test terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan Preexperimental Design dalam bentuk One Shot Case Study Design guna melihat pengaruh pemberian speed test terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 25 Padang yang berjumlah 196 orang yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini adalah purposive sampling dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VII3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang. Data diperoleh dari lembaran observasi yang berupa pernyataan berjumlah 23 butir. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Dari hasil penelitian diperoleh skor rata–rata motivasi belajar siswa pada pertemuan pertama 41,4 sedangkan skor rata-rata motivasi belajar siswa pada pertemuan terakhir 71,97. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 11,76 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel 2,000, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian Speed test memberi pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VII SMP N 25 .
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SPEED TEST, MOTIVASi BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 08:11 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 08:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26019 |