Murti, Kurniawan Hari (2011) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Portofolio di Kelas V SDN 03 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KURNIAWAN_HARI_MURTI_90732_2011.pdf [thumbnail of final_B1_KURNIAWAN_HARI_MURTI_90732_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KURNIAWAN_HARI_MURTI_90732_2011.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena dalam proses pembelajaran di kelas V SDN 03 Bandar Buat berdasarkan temuan bahwa kemampuan hasil belajar PKn siswa kurang bagus. Hal ini terlihat dari kesulitan siswa dalam mengembangkan kemampuan, siswa hanya diberi teori dan tanpa melihat dan meneliti langsung kepada objek belajar. Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran bersifat monoton. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan pembelajaran berbasis portofolio di kelas V SDN 03 Bandar Buat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menngunakan pembelajaran berbasis portofolio pada pembelajaran PKn di kelas V SDN 03 Bandar Buat. Yang diharapkan siswa dapat terlibat langsung dalam keseluruhan proses pembelajaran dan dapat melibatkan seluruh aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor siswa, serta secara fisik dan mental melibatkan semua pihak dalam pembelajaran siswa sehingga siswa memiliki kebebasan berpikir, berpendapat, aktif dan kreatif. Pembelajaran dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan. Dimana dari aspek kognitif haasil belajar siswa terjadi peningkatan dari rata-rata 6,51 (pertemuan pertama) dan 7 (pertemuan kedua) siklus I menjadi 8,1 pada siklus II. Untuk ranah afektif terjadi peningkatan dari rata-rata6,45 (pertemuan pertama) dan 6,87 (pertemuan kedua) pada siklus I menjadi rata-rata 7,51 pada siklus II. Untuk ranah psikomotor (individu) dari ratarata 6,5 (pertemuan pertama) dan 6,93 (pertemuan kedua) pada siklus I menjadi rata-rata 7,54 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di SDN 03 Bandar Buat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Menggunakan Pembelajaran Berbasis Portofolio |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 08:11 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 08:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26018 |