Hutabarat, Kristian (2011) Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KRISTIAN_HUTABARAT_90704_3106_2011.pdf [thumbnail of final_B1_KRISTIAN_HUTABARAT_90704_3106_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KRISTIAN_HUTABARAT_90704_3106_2011.pdf
Download (940kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 01 Bandar Buat, guru kelas V dalam mengajarkan pembelajaran IPS masih kurang memperhatikan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Metode bermain peran. Metode barmain peran adalah suatu metode pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa bahkan juga mendidik agar siswa mau menerima dan bersosialisasi dalam kelompok yang heterogen. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, penggunaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode bermain peran pada pembelajaran IPS di kelas V SD 01 Bandar Buat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 01 Bandar Buat terteliti yang berjumlah 21orang. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dari evaluasi tindakan siklus I diperoleh nilai rata-rata persentase siswa yakni 70 %, sedangkan pada evaluasi tindakan siklus II diperoleh nilai rata-rata persentase yakni 81 %. Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bermain beran dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPS siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Menggunakan Metode Bermain Peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 07:21 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 07:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26010 |