Penerapan Model Pembelajaran E-learning Berbasis Learning Management System (LMS) dalam Pembelajaran Fisika untuk Pokok Bahasan Termodinamika di kelas XI SMAN 3 Padang

Kurniawati, Mahyuni (2011) Penerapan Model Pembelajaran E-learning Berbasis Learning Management System (LMS) dalam Pembelajaran Fisika untuk Pokok Bahasan Termodinamika di kelas XI SMAN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MAHYUNI KURNIAWATI-84097-2011.pdf] Text
final_B1_MAHYUNI KURNIAWATI-84097-2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam pembelajaran fisika pada konsep Termodinamika, masih banyak terdapat kesulitan. Salah satu diantaranya disebabkan oleh keterbatasan sarana dan peralatan labor yang mengakibatkan proses penyajian gejala fisika menjadi tidak terlaksana, sehingga konsep-konsep pada materi tersebut bersifat abstrak dan terkesan sulit. Sebagai salah satu alternatif adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan mengembangkan model pembelajaran online yang dikemas dalam paket portal pembelajaran online fisika (e-learning physics) dengan menggunakan Learning Management System (LMS) yang dirancang khusus untuk education learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen, dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 3 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dimana diperoleh sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar pada 2 ranah yaitu kognitif dan afektif. Dengan instrumen penilaian berupa tes hasil belajar berupa soal objektif dan format lembaran observasi ranah afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata menggunakan uji t Dari data hasil penelitian, diperoleh hasil belajar pada ranah kognitif berdasarkan nilai rata-rata kelas eksperimen 79.71 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 74.71. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 1.89 dan ttabel = 1.67 pada taraf nyata 0.05, berarti thitung > ttabel , maka Hi diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 74.42 lebih tinggi dari nilai rata- rata kelas kontrol yaitu 67.50. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh penerapan model pembelajaran e-learning berbasis Learning Management System (LMS) terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan Termodinamika di kelas XI SMAN 3 Padang .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN E-LEARNING, LEARNING MANAGEMENT SYSTEM, PEMBELAJARAN FISIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2025 07:14
Last Modified: 30 Sep 2025 07:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26005

Actions (login required)

View Item
View Item