Pengaruh Melengkapi Peta Konsep Disertai Pemberian Kuis Dalam Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Semester II SMPN 1 Bayang

Sari, Silma Yurika (2011) Pengaruh Melengkapi Peta Konsep Disertai Pemberian Kuis Dalam Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Semester II SMPN 1 Bayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SILMA YURIKA SARI-86224-2011.pdf] Text
final_B1_SILMA YURIKA SARI-86224-2011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep materi pelajaran biologi di SMP Negeri 1 Bayang menyebabkan rendahnya nilai rata-rata biologi siswa, yaitu masih di bawah KKM yakni 65. Rendahnya hasil belajar menuntut guru untuk memilih metode dan model pembelajaran serta media yang tepat, diantaranya dengan melengkapi peta konsep disertai pemberian kuis dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Dengan hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh melengkapi peta konsep disertai pemberian kuis dalam model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII semester 2 SMP Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011 Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Hasil teknik ini didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu VII.1 dan kelas VII.2. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 40 buah yang telah diujicobakan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Uji-t . Hasil penelitian didapatkan nilai kelas eksperimen 73,83 dan kelas kontrol 66,46. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf kepercayaan 95% ( α=0,05) didapatkan harga t hitung 2,69 dan harga t adalah 1,67. Dengan demikian t hitung >t tabel, tabel yang berarti hipotesis dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh melengkapi peta konsep disertai pemberian kuis dalam model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memberi pengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar biologi kelas VII siswa SMP Negeri 1 Bayang tahun pelajaran 2010/2011

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, Numbered Head Together (NHT), peta konsep, pemberian kuis, hasil belajar biologi, SMP Negeri 1 Bayang, kelas VII, eksperimen pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 30 Sep 2025 05:02
Last Modified: 30 Sep 2025 05:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/26002

Actions (login required)

View Item
View Item