Mardian, Silfia (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Media Komik Di Kelompok B1 TK Cempaka Putih Kecamatan Sungaipua Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SILFIA_MARDIAN_08318_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SILFIA_MARDIAN_08318_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SILFIA_MARDIAN_08318_2011.pdf
Download (364kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil perkembangan bahasa anak pada tahun sebelumnya tepatnya tahun pelajaran 2009/ 2010 yang menunjukkan kemampuan anak dalam membaca cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan membaca anak usia dini pada kelompok B1 TKCempakaPutihKecamatanSungaipua Kabupaten Agam dalam kemampuan berbahasa anak dalam 1)membedakan kata, 2) membedakan kalimat sederhana, 3)mengetahui bahan bacaan sederhana dan 4) dapatmemahami bahwa adanya hubungan antara gambar dengan tulisan yang dilakukan dengan menggunakan media komik. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau (PTK), yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya guna meningkatkan pencapaian hasil perkembangan anak dalam kemampuan berbahasa. Subjek dari penelitian ini adalah anak dari kelompok B1, dengan jumlah 22 orang dengan rincian 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan rentang waktu selama 2 bulan dan jumlah pertemuan sebanyak 4 kali pertemuan dalam tiap siklusnya. Perlakuan tiap siklus dilakukan dengan tindakan yang berbeda dimana pada Siklus I kegiatan anak adalah membaca gambar yang ada padalembarkomik, dan pada siklus II anak membaca gambar yang ada pada lembaran komik dan kemudian mencocokan kata pada kartu kata dengan gambar yang ada pada komik. Berdasarkan analisis data dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan Dari hasil penelitian terungkap bahwa peningkatan membacaanakdalam membedakan kata berkembangbaik, dan dalam membedakan kalimat sederhana juga sudah meningkat dengan baik, dalam mengetahui bahan bacan sederhanasebagian besar anak memiliki dan menguasai perbendaharaan kosa kata baru, dan kemampuan anak dalam memahami bahwa adanya hubungan antara gambar dengan tulisan, berkembangdengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa stimulasipengenalanmembaca anak dapat ditingkatkan melalui media komiksederhana, yang dilakukandenganmembaca gambar yang ada padalembarkomik, dan anak dapat mencocokan kata pada kartu kata dengan gambar yang ada pada komik. Maka saran dari penelitian ini adalah agar guru dapat menggunakan media komiksebagai media untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan membaca anak usia dini, media komik, pengembangan bahasa anak, penelitian tindakan kelas (PTK), pembelajaran membaca, stimulasi membaca, TK Cempaka Putih, kelompok B1 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 05:02 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 05:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25999 |