Pemanfaatan Laboratorium Komputer Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Putri, Silfia Prima (2011) Pemanfaatan Laboratorium Komputer Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SILFIA PRIMA PUTRI_88365_2011.pdf] Text
final_B1_SILFIA PRIMA PUTRI_88365_2011.pdf

Download (765kB)

Abstract

Laboratorium Komputer merupakan salah satu komponen instrumental input dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif, yang urgensinya sangat dominan dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan pada umumnya yang kemudian akhirnya bermuara pada peningkatan mutu lulusan yang optimal. Untuk itu, diharapkan adanya peran guru dalam memberikan motivasi terhadap siswa agar dapat memanfaatkan laboratorium komputer semaksimal mungkin sehingga sarana yang disediakan oleh sekolah benar-benar dapat menciptakan siswa yang terdidik, terpelajar, mandiri, karya ilmu dan kreatif. Oleh karena itu, sangat diperlukan pemanfaatan laboratorium komputer sebagai sumber belajar pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan kelas IX tahun ajaran 2011-2012 yang berjumlah 551 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah random sampling yaitu pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti apabila populasi dari mana sampel diambil merupakan populasi homogen yang hanya mengandung satu ciri. Dengan demikian sampel yang dihendaki dapat diambil secara sembaranga (acak) yang terdiri dari 110 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket, wawancara, studi dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pemanfaatan laboratorium komputer sebagai sumber belajar pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman dapat dimanfaatkan dengan baik yang didapat dari pernyataan (quesioner) dengan menyebarkan angket kepada responden dengan tingkat pencapaiannya sebesar 80%, dimana terdapat pada rentangan 80% - 89%. 2). Kendala yang ditemui dalam pemanfaatan laboratorium komputer yaitu kurangnya pengetahuan guru tentang komputer dikarenakan guru yang mengajar mata pelajaran TIK bukan dari tamatan pendidikan TIK. Jumlah rasio satu unit komputer digunakan oleh tiga orang siswa. 3). Usaha guru dan sekolah dalam pemanfaatan laboratorium komputer adalah melengkapi sarana dan prasarana yang ada dilabor komputer, siswa dibentuk berkelompok-kelompok dalam proses belajar mengajar di labor. Pihak sekolah berusaha memperbaiki, mengganti dan memperbanyak komputer yang ada di laboratorium komputer. Jadi pemanfaatan laboratorium komputer sebagai sumber belajar pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman dapat dimanfaatkan dengan baik dan bisa digunakan sebagai sumber belajar di SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan laboratorium komputer, sumber belajar, pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), SMP Negeri 1 2x11 Enam Lingkung, motivasi guru, kendala pembelajaran, deskriptif kuantitatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 30 Sep 2025 05:02
Last Modified: 30 Sep 2025 05:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25998

Actions (login required)

View Item
View Item