Wijaya, Riko (2011) Pengaruh Pembelajaran Kelompok Kecil Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Semester II Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIKO_WIJAYA_87938_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RIKO_WIJAYA_87938_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIKO_WIJAYA_87938_2011.pdf
Download (283kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 1Bayang, terlihat proses belajar mengajar kurang optimal. Hal ini di buktikan dengan kurangnya pemahaman serta bimbingan dalam menyampaikan materi ajar pada
mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan Pembelajaran Kelompok kecil dalam
pembelajaran TI&K pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1Bayang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat pada quasy eksperimen yang bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran kelompk kecil terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak
menggunakan kelompok kecil. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1Bayang, pada tahun ajaran 2010/2011. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan random sampling, sehingga
yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII 4 SMP Negeri 1 Bayang (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 1 Bayang (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan alat
pengumpul data yaitu lembaran soal tes dan praktik. Setelah di peroleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas kemudian barulah dianalisis dengan
menggunakan t-tes. Dari hasil penelitian rata-rata nilai siswa dari pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kelompok kecil(81,93) lebih tinggi dari pembelajaran
yang tidak menggunakan pembelajaran kelompok kecil (70,83). Hasil uji t >t , yaitu 6,357 > 2,000menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan pembelajaran kelompok kecil dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran TI&K dengan materi pelajaran identifikasi program pengolahan tabel angka Microsoft Excel (menambahkan dan menformat grafik) lebih efektif
belajarnya jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pembelajaran kelompok kecil di SMP Negeri 1Bayang pada taraf kepercayaan α 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 05:02 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 05:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25996 |