Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) Bagi Siswa Kelas X TPTL SMK Negeri 1 Pariaman.

Sulpigdi, Riko (2011) Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) Bagi Siswa Kelas X TPTL SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIKO_SULPIGDI_74063_1734_2012.pdf] Text
final_B1_RIKO_SULPIGDI_74063_1734_2012.pdf

Download (967kB)

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika (MDDE), partisipasi dan keaktifan siswa dalam belajar,diprediksi disebabkan karena kurang nya pemahaman konsep, sehingga siswa cepat bosan dan kurang serius dalam memahami pelajaran. Perlu diciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa sehingga dapat merangsang keaktifan, motivasi dan partisipasi siswa. Untuk itu perlu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe STAD dalam pembelajaran terhadap hasil belajar Pada Mata Pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronoka (MDDE) siswa kelas X TPTL SMK Negeri 1 Pariaman. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian semu (quasi eksperiment) dalam rancangan penelitian post-test control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TPTL SMK Negeri 1 Pariaman.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan diperoleh kelas X TPTL 1 sebagai kelas eksperimen dan X TPTL 2 sebagai
kelas Kontrol. Hasil belajar yang diambil adalah hasil belajar ranah kognitif yang diperoleh di akhir pembelajaran. Teknik analisis data hasil belajar ranah kognitif yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian membuktikan bahwa, hasil belajar Memahami DasarDasar
Elektronika (MDDE) kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Setelah menggunakan uji t diperoleh t hitung =4,564 lebih besar dari t =
1,67 pada taraf nyata 0,05 dan dk= 69. Ini berarti hipotesis penelitian (Ha) yang berbunyi, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar pada mata pelajaran
Memahami Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) siswa kelas X TPTL SMK Negeri 1 Pariaman; diterima pada taraf nyata 0,05.
Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Elektronika (MDDE) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvesional di kelas X TPTL SMK Negeri
1 Pariaman, dengan nilai rata-rata 73,22 untuk kelas eksperimen dan 60,23 untuk kelas kontrol. Sehingga, disarankan kepada guru Memahami Dasar-Dasar
Elektronika (MDDE) SMK Negeri 1 Pariaman dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran MDDE, karena terlihat bahwa teknik ini memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 30 Sep 2025 05:01
Last Modified: 30 Sep 2025 05:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25993

Actions (login required)

View Item
View Item