Safardi, Riko (2011) Film dan Novel Sang Pemimpi: Kajian Ekranisasi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RIKO_SAFARDI_83468_5103_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RIKO_SAFARDI_83468_5103_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RIKO_SAFARDI_83468_5103_2011.pdf
Download (803kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1)
struktur Novel Sang Pemimpi, (2) struktur Film Sang Pemimpi, (3) persamaan dan
perbedaan struktur Novel Sang Pemimpi dengan Film Sang Pemimpi, (4)
penambahan dan pengurangan yang terdapat di dalam Film Sang Pemimpi. Jenis
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif
yang menitik beratkan pada analisis isi (contents analysis), yaitu penelitian yang
mementingkan pada pengkajian isi. Objek penelitian ini adalah Novel dan Film
Sang Pemimpi yang dikaji menurut kajian ekranisasi.
Adapun langkah- langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1)
membaca Novel Sang Pemimpi, (2) menonton Film Sang Pemimpi dan
mentranskripsikan dialog dan mendeskripsikan latar visual untuk memperjelas
latar, (3) Menginventarisasikan data struktur utama novel dan film dengan
menggunakan inventarisasi data. Selanjutnya data diolah dengan mendeskripsikan
data. Kemudian dilakukan interpretasi terhadap hasil deskripsi data, sehingga
didapatkan persamaan dan perbedaan Novel dan Film Sang Pemimpi, serta
penambahan dan pengurangan yang terdapat di dalam film setelah dibandingakan
dengan Novel Sang Pemimpi.
Setelah melakukan penelitian tentang kajian ekranisasi Novel dan Film
Sang Pemimpi, dapat disimpulkan: (1) persamaan. Tema yang terdapat di dalam
novel dan film sama, yaitu menceritakan gejolak masa muda yang dipenuhi
dengan mimpi- mimpi. Amanat yang hendak disampaikan oleh novel dan film
juga sama, yaitu jangan pernah berhenti bermimpi dan berusaha keras untuk
mewujudkan mimpi tersebut, (2) perbedaan. Penokohan, latar, dan alur juga memiliki perbedaan, seperti ciri fisik yang dimiliki oleh tokoh Ikal dan Arai. (3) penambahan. Dalam film terdapat penambahan seperti menampilkan tokoh Bang
Rokib dan peristiwa baru seperti Zakiah Nurmala yang ikut melepas kepergian Arai yang tidak terdapat di dalam novel. (4) pengurangan. Pengurangan yang terjadi meliputi tokoh dan peristiwa. Tokoh A Kiun, Minar, Nyonya Deborah, dan
A Pui tidak disebutkan dalam film. Pengurangan peristiwa seperti sub bab The Lone Ranger, Petir, dan Monyet- monyet Sirkus pada novel, tidak ditampilkan di dalam film.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:18 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 04:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25987 |