MahrizaElfa, MahrizaElfa (2011) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Membuat Macam- macam Tusuk pada Pembelajaran KTM melalui Student Teams Achievement Division (STAD) di SMP Negeri 1 Kecamatan Harau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MAHRIZA_ELFA_51242_3223_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MAHRIZA_ELFA_51242_3223_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MAHRIZA_ELFA_51242_3223_2011.pdf
Download (3MB)
Abstract
Kurangnya aktivitas belajar siswa dalam membuat macam-macam tusuk, disebabkan oleh strategi dan model pembelajaran yang diterapkan guru, kurang optimal dengan materi ajar pada macam-macam tusuk. Aktivitas dalam penelitian ini dapat dilihat dari lima indikator yaitu mendengar penjelasan guru tentang pengertian tusuk sulaman, mengajukan pertanyaan tentang macam-macam tusuk sulaman, menyediakan peralatan membuat tusuk sulaman, misalnya: gunting; jarum tangan; jarum pentul dan pisau, membuat macam tusuk sulaman, mampu membuat huruf dengan menggunakan tusuk. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam membuat macam-macam tusuk pada mata pelajaran KTM di SMP Negeri 1 Kecamatan Harau. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus dilakukan 3 x pertemuan.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII 6 SMP Negeri 1 Kecamatan Harau yang berjumlah 30 orang.Teknik pengumpulan data, dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar siswa, catatan lapangan, analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada indikator mendengar penjelasan guru tentang pengertian tusuk sulaman persentase siklus I 79,66% dan siklus II 92,25%. Mengajukan pertanyaan tentang macam-macam tusuk sulaman persentase siklus I 23,33% dan siklus II 38,88%. Menyediakan peralatan membuat tusuk sulaman, misalnya: gunting; jarum tangan; jarum pentul dan pisau, membuat macam-macam tusuk sulaman, mampu membuat huruf dengan menggunakan tusuk, persentase siklus I 67,77% dan siklus II 86,66%. Membuat macam-macam tusuk sulaman persentase siklus I 78,8% dan siklus II persentase 88,88%. Merangkai tusuk menjadi kalimat indah persentase siklus I 48,88% dan siklus II 73,33%. Rata-rata persentase kelima indikator tersebut pada siklus I 59,77% dan siklus II 76,99%. Hal ini berarti siswa sudah mengalami aktivitas belajar yang meningkat dalam target pencapaian keberhasilan yang sudah ditetapkan yakni 75%
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN KTM, STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:17 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 04:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25984 |