Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Powerpoint dan Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang

Harianti, Sepni (2011) Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Powerpoint dan Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran TI&K di Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_SEPNI_HARIANTI_78928_2011.pdf] Text
final_B1_SEPNI_HARIANTI_78928_2011.pdf

Download (868kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah persepsi siswa
terhadap penggunaan media powerpoint berkontribusi pada hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran TI&K di kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Tujuan
yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah menggetahui persepsi siswa
terhadap penggunaan powerpoint dan kontribuasinya terhadap hasil belajar
pada mata pelajaran TI&K .
Jenis penelitian kuantitatif deskriptif
untuk melihat dan
menggambarkan tentang objek yang diteliti seperti apa adanya. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Teknik yang
digunakan dalam pengambilan sampel adalah random sampling. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket sedangkan teknik analisa
data menggunakan teknik korelasi product moment dari pearson.
Hasil penelitian mengungkapkan persepsi siswa terhadap penggunaan
powerpoint pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi di kelas
VIII SMP Negeri 31 Padang belum maksimal ini terbukti dari persentase
tingkat pencapaian persepsi diperoleh 78,19% sehingga tingkat pencapaian
persepsi siswa terhadap penggunaannya pada mata pelajaran Teknologi
Informasi dan Komunikasi dikelas VIII SMP Negeri 31 Padang dikategorikan
cukup. Pengolahan hubungan persepsi dengan hasil belajar di dapat r hitung
sebesar 0,34 dan harga r tabel dk (N-2)=118 dan
0,05 diperoleh r =0,180
pada taraf kepercayaan 95% dan 0,236 pada taraf kepercayaan 99%. Dapat
disimpulkan hipotesis yang diajukan dapat diterima kebenaranya dan terdapat
korelasi yang signifikan antara persepsi dengan hasil belajar Teknologi
informasi dan Komunikasi dikelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Hasil analisis
ini menunjukkan bahwa nilai rxy = 0,34 dan kontribusi (r)2 = (0,34)2 = 0,1156.
Besar kontribusinya r2 x 100% = 0,1156 x 100% = 11,56%. Sisa 88,44%
mungkin oleh variabel lain yang tidak menjadi perhatian dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:05
Last Modified: 30 Sep 2025 03:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25969

Actions (login required)

View Item
View Item