Sari, Komalah (2009) Pembelajaran Menyimak Apresiatif dan Kemampuan Menyimak Apresiatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Rambatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KOMALAH SARI 63900-05-09.pdf [thumbnail of final_B1_KOMALAH SARI 63900-05-09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KOMALAH SARI 63900-05-09.pdf
Download (106kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 3 fenomena, yaitu. (1) Kurangnya minat siswa dalam menyimak apresiatif. (2) Rendahnya kemampuan menyimak siswa. (3) Kurangnya daya simak siswa untuk mengapresiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan kemampuan menyimak apresiatif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rambatan Batusangkar. Penelitian ini tergolong penelitian mixing methods, yaitu penelitian yang menggunakan dua pendekatan secara bersamaan, penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 4 Rambatan Batusangkar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 Negeri 4 Rambatan yang berjumlah 21 orang. Data penelitian ini diarahkan dengan tes menyimak apresiatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, pembelajaran menyimak apresiatif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rambatan tergolong baik sekali. Kedua, kemampuan menyimak apresiatif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rambatan berada pada klasifikasi lebih dari cukup. Relevan dengan simpulkan penelitian, direkomendasikan dua hal. Hal pertama, kemampuan menyimak apresiatif siswa kelas VIII SMP 4 Rambatan perlu ditumbuhkembangkan lagi. Kedua, observasi atau pengamatan hendaknya didayagunakan secara fungsional dalam pembelajaran menyimak apresiatif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Menyimak Apresiatif, dan Kemampuan Menyimak Apresiatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:05 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25968 |