Lestari, Komalah (2011) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Keterampilan Tradisi Minangkabau (KTM) di SMP N 4 Rambatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KOMALAH LESTARI-65695-2012.pdf [thumbnail of final_B1_KOMALAH LESTARI-65695-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KOMALAH LESTARI-65695-2012.pdf
Download (163kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 2 hal sebagai berikut. (1) Siswa memiliki prestasi belajar yang rendah dalam mata pelajaran KTM. (2) Banyak siswa yang memperoleh nilai yang tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP N 4 Rambatan. (2) Mendeskripsikan prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Rambatan Kabupaten Tanah Datar. (3) Untuk mengungkapkan apakah terdapat hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Rambatan Kabupaten Tanah Datar Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh dari angket, angket digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar siswa. Populai pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP N 4 Rambatan yang berjumlah 109 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII N 4 Rambatan yang berjumlah 40 siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP N 4 Ramabatan berada pada kualifikasi baik (80,1). Kedua terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Keterampilan Tradisi Minangkabau (KTM) di SMP N 4 Rambatan Kabupaten Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Tradisi Minangkabau (KTM) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:04 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25966 |