Suryani, Sepnita (2011) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournaments (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) di Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SEPNITA_SURYANI_88344_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SEPNITA_SURYANI_88344_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SEPNITA_SURYANI_88344_2011.pdf
Download (331kB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan diketahui bahwa siswa masih
mengalami kesulitan dalam memahami materi-materi dalam pelajaran TI&K yang
bersifat persuasif. Hal ini dibuktikan dengan guru yang masih kurang
memanfaatkan metode pembelajaran dalam membantu proses pembelajaran, serta
hasil belajar sebagian besar siswa SMP N 2 Padang masih belum mencapai batas
kriteria ketuntasan minimal (KKM). Model pembelajaran TGT merupakan model
pembelajaran yang menghubungkan kerjasama kelompok dan unsur permainan
akademik dengan pembelajaran. Gabungan semua ini dapat menjadi terbosan baru
bagi seorang guru dalam menggunakan sebuah metode pembelajaran yang
menarik. Penelitin ini bertujuan untuk menyatakan hasil belajar siswa yang
menggunakan metode cooperative tipe Teams Game Tournaments (TGT) pada
mata pelajaran TI&K .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy
experimen guna melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen
dengan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2
Padang yang berjumlah 191 orang yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dan yang menjadi sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan VIII2 sebagai
kelas kontrol, masing-masing kelas tersebut berjumlah 32 orang siswa. Data
diperoleh dari hasil tes tertulis yang berupa soal objektif berjumlah 30 butir soal
mengenai pokok bahasan menggunakan perangkat lunak pengolah angka dalam
menyajikan informasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t (t-test),
yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang
menggunakan metode cooperative learning tipe TGT adalah 80 dengan standar
deviasi yang diperoleh 8,18 dan nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan
metode pembelajaran konvensional adalah 73,83 dengan standar deviasi yang
diperoleh 7,62. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 3,074
sedangkan pada taraf kepercayaan
0,05 ttabel 2,000 sehingga thitung > ttabel. Hal ini
berarti terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran cooperative learning
tipe Teams Game Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran TI&K dengan dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan
menggunakan pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:03 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25965 |