Seprawati, Seprawati (2011) Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Compact Disc (CD) Interaktif pada Materi Sistem Regulasi untuk Sekolah Menengah Atas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SEPRAWATI-73041-2011.pdf [thumbnail of final_B1_SEPRAWATI-73041-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SEPRAWATI-73041-2011.pdf
Download (159kB)
Abstract
Biologi merupakan bagian dari sains yang mempelajari makhluk hidup
dan gejala kehidupan. Banyak hal-hal yang bersifat abstrak dipelajari dalam
biologi, diantaranya adalah materi sistem regulasi. Materi yang bersifat abstrak
seringkali sulit untuk dipahami siswa, sehingga perlu digunakan media
pembelajaran yang sesuai agar siswa mudah memahami. Salah satu media yang
dapat membantu siswa dalam memahami materi ini adalah CD interaktif, karena
CD interaktif ini mampu memvisualisasikan pembelajaran yang bersifat abstrak
menjadi konkrit. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian
pengembangan dengan tujuan menghasilkan CD interaktif yang valid dan praktis
pada materi sistem regulasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate, namun dalam penelitian
ini tahap disseminate tidak dilakukan. Tahap define meliputi analisis kurikulum,
analisis siswa, dan analisis media. Tahap design dilakukan perancangan media CD
interaktif. Tahap develop dilakukan melalui uji validitas media CD interaktif oleh
6 orang validator dan uji praktikalitas media CD interaktif oleh guru dan siswa di
SMAN 1 Gunung Talang kelas XII IPA 2. Data yang dikumpulkan adalah data
hasil uji validitas dan praktikalitas terhadap media CD interaktif yang dihasilkan.
Data ini dianalisis dengan analisis deskriptif dalam bentuk persentase.
Pada penelitian ini telah dihasilkan media CD interaktif pada materi sistem
regulasi. Hasil uji validitas terhadap media CD interaktif dalam aspek isi/materi,
bentuk media, motivasi dan bahasa, menunjukan bahwa media CD interaktif yang
dikembangkan valid dengan revisi ringan. Hasil uji praktikalitas media CD
interaktif oleh guru dan siswa didapatkan bahwa media CD interaktif yang
dikembangkan sudah praktis. Dalam hal ini CD interaktif yang dihasilkan mudah
digunakan, sesuai dengan alokasi waktu pembelajaran dan praktis. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa media CD interaktif materi sistem regulasi
yang dikembangkan sudah valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 02:17 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25963 |