Perbedaan Hasil Belejar Alat Ukur Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Audio Video yang Diajar dengan Menggunakan Media Realia dengan yang Diajar Menggunakan Media Wallchart di SMK Negeri 1 Idi

Saprianto, Koko (2010) Perbedaan Hasil Belejar Alat Ukur Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X Audio Video yang Diajar dengan Menggunakan Media Realia dengan yang Diajar Menggunakan Media Wallchart di SMK Negeri 1 Idi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_KOKO SAPRIANTO-53095-2012.pdf] Text
final_B1_KOKO SAPRIANTO-53095-2012.pdf

Download (311kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, hasil belajar mata pelajaran Alat Ukur Listrik dan Elektronika siswa kelas X Audio-Video pada semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 masih terdapat nilai siswa dibawah standar dan memperhatikan keadaan di SMKN 1 IDI khususnya pada jurusan Teknik Audio-Video, serta kurangnya pemahaman guru menggunakan media saat mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan media Realia dengan pembelajaran yang menggunakan media Wallchart terhadap hasil belajar siswa kelas X Audio Video pada pelajaran Alat Ukur Listrik dan Elektronika di SMK negeri 1 Idi. Jenis penelitian adalah eksperimental dengan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Audio Video Program keahlian Teknik Audio Video dengan materi pembelajarannya adalah Alat Ukur Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Idi pada semester Ganjil tahun pelajaran 2010-2011 yang berjumlah 64 siswa. Untuk subjek penelitian diambil populasi 64 siswa dengan 32 siswa kelas X AV1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan media Realia dan 32 siswa sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran menggunakan wall chart. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan test pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 30 soal yang sebelumnya diuji terlebih dahulu untuk mengetahui validitas test, reabilitas tes, taraf kesukuran soal, dan daya beda soal. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisa dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu menghitung rata-rata skor atau Mean, simpangan baku atau standar deviasi (SD) dan Varians sehingga menghasilkan nilai rata – rata kelas exsperimen 21,40 dan nilai rata – rata kelas kontrol 17,50 dengan standart deviasi 4,17 untuk kelas exsperimen dan 3,90 untuk kelas kontrol. Dengan menggunakan rumus pengujian (t) maka di dapat t hitung =3.86, dengan kriteria pengujian H 0 diterima. Kemudian berdasarkan tabel distribusi t, maka nilai t tabel adalah 2.00, jika nilai t hitung > t tabel yaitu t hitung 3.86 > t tabel 2.00 maka hipotesis diterima

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belejar Alat Ukur Listrik dan Elektronika, Menggunakan Media Realia
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 30 Sep 2025 02:17
Last Modified: 30 Sep 2025 02:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25962

Actions (login required)

View Item
View Item