Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Microsoft Powerpoint Pada Mata Pelajaran TI & K di Kelas XII IPA 5 SMA N 4 Padang

Astuti, Rika (2009) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Microsoft Powerpoint Pada Mata Pelajaran TI & K di Kelas XII IPA 5 SMA N 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIKA_ASTUTI_71157_09.pdf] Text
final_B1_RIKA_ASTUTI_71157_09.pdf

Download (143kB)

Abstract

Pembelajaran TI dan K merupakan pembelajaran yang melibatkan kemampuan psikomotorik, kemampuan kognitif dan kemampuan afektif siswa. Hal tersebut akan mempengaruhi hasil belajar siswa pada. Berdasarkan pengalaman dilapangan dan permasalahan yang ditemui dimana siswa kurang tertarik dengan pembelajaran yang bersifat teori, mengantuk dan meninggalkan kelas saat pelajaran berlangsung. Selain itu berdasarkan data dari lapangan dua tahun yang lalu rata-rata siswa memperoleh nilai di bawah SKBM yaitu 65 sedangkan SKBM untuk tahun sekarang adalah 70. Oleh sebab itu penulis mencoba melakukan penelitian tindakan kelas melalui penggunaan Microsoft Powerpoint. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Microsoft powerpoint pada mata pelajaran TI & K di kelas XII IPA 5 di SMA N 4 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 5 yang berjumlah sebanyak 40 orang yang terdiri dari 23 orang perempuan dan 17 orang laki-laki. Teknik pengumpul data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa panduan observasi dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang dipakai yaitu dengan membandingkan rangking kondisi awal dengan hasil kondisi akhir . Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas yang dilakukan oleh siswa, baik secara individual maupun secara klasikal. Peningkatan aktivitas pada siklus I rata-rata siswa baru melakukan 7 aktivitas sedangkan pada siklus II ratarata siswa sudah melakukan 9 aktivitas, peningkatan hasil belajar berupa ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 55 % dan siklus II 95% . Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan powerpoint dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI & K di kelas XII IPA 5 SMA N 4 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penelitian tindakan kelas, Microsoft PowerPoint, aktivitas belajar, hasil belajar, TI & K, siswa kelas XII
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 30 Sep 2025 02:16
Last Modified: 30 Sep 2025 02:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25960

Actions (login required)

View Item
View Item