Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 28 Purus Kecamatan Padang Barat.

Asmara, Rika (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Peta Konsep di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 28 Purus Kecamatan Padang Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIKA_ASMARA_07508_2011.pdf] Text
final_B1_RIKA_ASMARA_07508_2011.pdf

Download (406kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran IPA di kelas IV masih bersifat konvensional. Guru masih menyajikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Guru masih mendominasi pembelajaran. Sementara siswa hanya menerima informasi dari guru. Menyikapai permasalahan di atas, perlu diadakan penelitan tindakan kelas (PTK). PTK bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di suatu kelas, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas tersebut. Dalam hal ini strategi pembelajaran peta konsep merupakan salah satu strategi pembelajaran yang efektif dan efisien untuk dikembangkan. Pengelolaan hasil dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian ini merupakan proses daur ulang atau siklus yang dimulai dari aspek mengembangkan perencanaan, melakukan tindakan sesuai rencana, melakukan pengamatan terhadap tindakan dan melakukan refleksi atau perenungan terhadap rencana, kegitan tindakan, dan kesuksesn hasil yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus, dimana masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua kali siklus menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan strategi peta konsep. Jika dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada masing-masing siklus, maka pada siklus I nilai ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari 15 orang siswa adalah 60%. Sedangkan pada siklus II terjadi penigkatanyang sangat baik, dimana nilai ketuntasan belajar siswa yang diperoleh sudah mencapai 86%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran peta konsep dapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi peta konsep, pembelajaran IPA, penelitian tindakan kelas, hasil belajar siswa, kelas IV SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 30 Sep 2025 02:16
Last Modified: 30 Sep 2025 02:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25959

Actions (login required)

View Item
View Item