Putra, Kivvie Liari (2011) Pengaruh Pendekatan Kontruktivisme Melalui Penemuan Terbimbing terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI SMAN I Pariangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KIVVIE_LIARI_PUTRA_64980_4850-2011.pdf [thumbnail of final_B1_KIVVIE_LIARI_PUTRA_64980_4850-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KIVVIE_LIARI_PUTRA_64980_4850-2011.pdf
Download (5MB)
Abstract
Rendahnya kemampuan menginterpretasikan Fakta siswa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya proses pembelajaran sejarah yang masih berupa penyampaian informasi yang membuat siswa hanya mampu mengigat, tujuan dari pembelajaran sejarah salah satunya untuk melatih siswa berfikir kritis melalui menginterpretasikan Fakta dalam pembelajaran sejarah. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan pemahaman fakta dalam pembelajaran sejarah melalui Pendekatan Konruktivisme melalui Penemuan Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Pendekatan Kontruktivisme Melalui penemuan terbimbing terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA N I Pariangan. Manfaat penelitian ini adalah mendorong guru sejarah berinovasi dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa dalam menemukan sendiri inti materi pelajaran (menemukan fakta, membangun konsep menemukan prinsip). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana data diperoleh melalui Eksperimen langsung pada siswa SMA N I Pariangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N I Pariangan yang berjumlah 105 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan Random kelompok dengan asumsi bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar sejarah yang sama. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 2 kelas, untuk kelas eksperimen yaitu XI.3 dan untuk kelas kontrol adalah XI.2. Setelah dilakukan penelitian didapat bahwa pencapaian kelas Eksperimen lebih tinggi dari kelas Kontrol. Ini terlihat dari nilai rata-rata pretest dengan postest kelas eksperimen sebesar 42,82 dan perbedaan nilai rata-rata pretest dan postest kelas kontrol sebesar 19,12. Dengan demikian peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari hasil belajar kelas kontrol. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Kontruktivisme melalui Penemuan Terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam menginterprestasikan Fakta dalam materi sejarah kelas XI SMA N 1 Pariangan Simabur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Pendekatan Kontruktivisme, Penemuan Terbimbing terhadap hasil belajar sejarah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 02:16 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 02:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25958 |