Wulandari, Kiki (2011) Mengembangkan Motivasi Membaca Anak Melalui Buku Cerita Bergambar di TK Aisyiyah 14 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KIKI_WULANDARI_2420_2011.pdf [thumbnail of final_B1_KIKI_WULANDARI_2420_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KIKI_WULANDARI_2420_2011.pdf
Download (187kB)
Abstract
Motivasi membaca anak usia dini di TK Aisyiyah 14 Padang masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan motivasi membaca melalui buku cerita bergambar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah TK Aisyiyah 14 Padang pada kelompok B2 yang berjumlah 20 orang anak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi dan format hasil penelitian anak selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan motivasi membaca anak. Dari kondisi awal pada umumya motivasi membaca anak masih rendah hanya mencapai rata 16%. Pada siklus I pencapaian nilai rata-rata motivasi membaca anak meningkat menjadi 34%. Sedangkan pada siklus II motivasi membaca anak meningkat menjadi 89%. Namun pada sikap anak dalam mengembangkan motivasi membaca pada kondisi awal masih rendah, hanya mencapai rata-rata 15%, pada siklus I pencapaian nilai rata-rata meningkat menjadi 73%, pada siklus II meningkat menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan buku cerita bergambar dapat mengembangkan motivasi membaca anak di TK Aisyiyah 14 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Membaca Anak, Buku Cerita Bergambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 02:15 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 02:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25954 |