Efektivitas Media film untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Rambu-rambu Lalu Lintas bagi Anak Tunagrahita Ringan (Quasi Eksperimen Kelas Dasar III di SLB Negeri 1 Padang).

Armelia, Kiki Rizki (2011) Efektivitas Media film untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Rambu-rambu Lalu Lintas bagi Anak Tunagrahita Ringan (Quasi Eksperimen Kelas Dasar III di SLB Negeri 1 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_KIKI_RIZKI_ARMELIA_78890_434_2011.pdf] Text
final_B1_KIKI_RIZKI_ARMELIA_78890_434_2011.pdf

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada anak tunagrahita ringan untuk meningkatkan kemampuan mengenal rambu-rambu lalu lintas. Selama ini anak belum mampu dalam mengenal rambu-rambu lalu lintas, dan memerlukan waktu yang cukup. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal rambu-rambu lalu lintas kelas dasar III di SLB Negeri 1 Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Quasi Eksperiment (Eksperimen Semu) dengan desain one group pretest post-test design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok tanpa menggunakan kelompok pembanding. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri 1 Padang yang berjumlah empat orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes lisan dan tulisan. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, memeriksa hasil post-test siswa. Kedua, mencatat skor mentah siswa. Ketiga, mencari rata-rata skor siswa yang menggunakan media film dan yang tidak menggunakan media film. Keempat, menghitung rank masing-masing siswa. Kelima, membandingkan keefektifan media film dan tanpa media film dengan menggunakan uji U Mann-Whitney. Keenam, pengujian keberatian hipotesis ditolak atau diterima. Ketujuh, membahas hasil analisis dan menyimpulkan hasil pembahasan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dengan kriteria pengujian H a diterima jika U hit > U tab dan H a ditolak jika U i hit ≤ U pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dari hasil pengolahan data menunjukkan U hipotesis H a tab hit = 2 > U diterima dan hasil penelitian menunjukkan bahwa media film efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal rambu-rambu lalu lintas bagi anak tunagrahita ringan kelas D/III di SLBN 1 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Media Film, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Rambu-rambu Lalu Lintas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 30 Sep 2025 02:15
Last Modified: 30 Sep 2025 02:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25952

Actions (login required)

View Item
View Item