Persepsi Siswa Tentang Penerapan Pembelajaran Full Team Teaching pada Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Khusniadi, Khusniadi (2011) Persepsi Siswa Tentang Penerapan Pembelajaran Full Team Teaching pada Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_KHUSNIADI-57583-2011.pdf] Text
final_B1_KHUSNIADI-57583-2011.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 1 Bukittiggi. Guna meningkatkan kualitas pendidikan SMK Negeri 1 Bukittinggi khususnya Jurusan Teknik Mekanik Otomotif, proses pembelajaran produktif pada kelas XI dan XII dilakukan dengan strategi pembelajaran Full Team Teaching. Strategi pembelajaran Full Team Teaching merupakan strategi pembelajaran yang baru bagi siswa, jadi masalahnya adalah apakah strategi pembelajaran ini dapat diterima oleh siswa, atau bagaimanakah pandangan siswa terhadap strategi pembelajaran tersebut. Untuk itu perlu dilakukan penelitian guna mengetahui dan mendiskripsikan persepsi siswa tentang pelaksanaan strategi pembelajaran Full Team Teaching. Berdasarkan dari latar belakang tersebut maka diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penerapan pembelajaran Full Team Teaching pada Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Bukittinggi. Penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui keadaan serta menginterprestasikan persepsi siswa tentang pelaksanaan strategi pembelajaran Full Team Teaching. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 60 siswa, sampel diambil sebesar 50% dan teknik dalam penentuan sampel adalah simple random sampling sehingga yang menjadi sampel adalah anggota kelas XII TMO 1. Data penelitian merupakan data primer yang langsung diperoleh dari responden dengan instrumen berupa angket atau kuesioner yang disusun berdasarkan skala Likert. Analisis data menggunakan rumus persentase dan kemudian diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang penerapan pembelajaran Full Team Teaching pada Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Bukittinggi cendrung baik, hal ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa setuju terhadap pembelajaran Full Team Teaching pada Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Bukittinggi, namjun ada beberapa siswa merasa .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Tentang Penerapan Pembelajaran Full Team Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 30 Sep 2025 02:15
Last Modified: 30 Sep 2025 02:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25951

Actions (login required)

View Item
View Item