Khaspidar, Khaspidar (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas IV SD Negeri 40 Kapuak Koto Panjang Kec.Tanjuang Baru Kab. Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_KHASPIDAR_EH_50820_2011.pdf [thumbnail of final_B1_KHASPIDAR_EH_50820_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_KHASPIDAR_EH_50820_2011.pdf
Download (189kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar Negeri 40 Kapuak Koto Panjang Kec. Tanjung Baru Kab. Tanah Datar bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi PKn sehingga hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan guru masih dominan menggunakan metode ceramah, proses pembelajaran menjadi monoton. Padahal untuk menyampaikan materi PKn dibutuhkan model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, sehingga siswa dapat memahami materi PKn dan tidak merasa bosan, selain itu juga dibutuhkan media yang menunjang keberhasilan pembelajaran salah satunya adalah model Kooperatif Tipe TGT. Model pembejaran dengan cara ini siswa mengikuti pembelajaran dengan menyimak presentase guru, siswa belajar dalam kelompok dan melakukan permainan dalam turnamen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas untuk melihat peningkatan proses pembelajaran PKn melalui model kooperatif tipe TGT. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 40 Kapuak Koto Panjang Kec. Tanjuang Baru Kab. Tanah Datar dengan 2 siklus, siklus 1 dlaksanakan pada tangal 5 Januari 2011 dengan pembelajaran satu kali pertemuan ( 2 x 35 menit), dan siklus 2 pada tanggal 10 Januari 2011 dengan waktu pertemuan ( 2 x 35 menit ) dan 13 Januari 2011 dengan waktu pertemuan (2 x 35 menit ).. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan kooperatif tipe TGT ini terlihat siswa aktif dan kreaktif serta menunjukanan respon positif, hal ini dapat dilihat dari semangat siswa sewaktu melakukan diskusi kelompok dan turnamen. Dari hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 6,67 dan hasil belajar pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 7,42 dari 33 siswa, sedangkan standar nilai yang ditetapkan oleh sekolah adalah 7. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 40 Kapuak Koto Panjang Kec. Tanjuang Baru Kab. Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 02:15 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 02:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25949 |