Yulia, Maharani (2009) Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MAHARANI YULIA.pdf [thumbnail of final_B1_MAHARANI YULIA.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MAHARANI YULIA.pdf
Download (180kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga fenomena. Pertama, pembelajaran membaca dan menulis di SMA Negeri 13 Padang lebih dititikberatkan pada teori daripada praktik. Kedua, kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu bacaan sehingga menjadi kendala dalam menjawab soal-soal yang diberikan guru. Ketiga, siswa kurang berminat dalam menulis khususnya menulis paragraf argumentasi, karena siswa beranggapan menulis merupakan suatu pekerjaan yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 175 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Random Sampling (acak), yakni 20% dari jumlah populasi sebanyak 36 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes membaca pemahaman dan tes menulis paragraf argumentasi. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif dan diolah menggunakan rumus korelasi Product Moment dengan skala sepuluh. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang tergolong pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 66,78. Kedua, keterampilan menulis paragraf arumentasi siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang tergolong pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 74,3. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 13 Padang dengan angka korelasi sebesar 0,87, yang menunjukkan nilai t hitung sebesar 10,288 lebih besar daripada t tabel dengan derajat kebebasan 34, pada taraf signifikan 95%. Relevan dengan simpulan penelitian, direkomendasikan dua hal. Pertama, siswa agar meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan mengembangkan kemampuan menulis paragraf argumentasi dengan cara memperbanyak latihan. Kedua, guru bahasa Indonesia selalu memotivasi dan meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman dan menulis argumentasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEMBACA PEMAHAMAN, KETERAMPILAN MENULIS PARGRAF ARGUMENTASI |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 01:21 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 01:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25945 |