Self-Efficacy Siswa dalam menyelesaikan Tugas Sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek

Johanda, Monasari (2018) Self-Efficacy Siswa dalam menyelesaikan Tugas Sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_MONASARI_JOHANDA_54198_1323_2018.pdf] Text
B1_05_MONASARI_JOHANDA_54198_1323_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya self-efficacy siswa dalam
menyelesaikan tugas sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
self-efficacy siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah ditinjau dari aspek level
(tingkat kesulitan tugas), generality (penguasaan terhadap materi), dan strength
(kekuatan untuk menyelesaikan tugas).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif.
Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ampek Angkek tahun
ajaran 2017/2018 yang berjumlah 273 orang siswa dengan sampel penelitian 176
orang siswa, menggunakan teknik “Simple Random Sampling”. Alat pengumpul
data dengan mengunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan
menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian memperlihatkan secara umum, sebagian besar siswa
memiliki self-efficacy yang sedang dalam menyelesaikan tugas sekolah. Secara
khusus (1) berdasarkan aspek level (tingkat kesulitan tugas) pada umumnya siswa
memiliki self-efficacy yang rendah (2) berdasarkan aspek generality (penguasaan
terhadap materi) pada umumnya siswa memiliki self-efficacy yang sedang (3)
berdasarkan aspek strenght (kekuatan untuk menyelesaikan tugas) sebagian besar
siswa memiliki self-efficacy yang sedang. Peran guru BK di sini adalah
meningkatkan self-efficacy siswa dalam menyelesaikan tugas adalah dengan
memberikan layanan yang sesuai dengan kondisi siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self-Efficacy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 29 Sep 2025 09:22
Last Modified: 29 Sep 2025 09:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25939

Actions (login required)

View Item
View Item