Pengembangan Modul Fisika Berbasis Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pelajaran Hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA

Cahyati, Mona Trisna (2018) Pengembangan Modul Fisika Berbasis Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pelajaran Hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_MONA_TRISNA_CAHYATI_14033089_2632_2018.pdf] Text
B1_05_MONA_TRISNA_CAHYATI_14033089_2632_2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran fisika dilakukan sesuai dengan amanat kurikulum 2013 yaitu
siswa aktif menemukan sendiri pengetahuannya. Kenyataan di Sekolah
menunjukkan pembelajaran inkuiri di fisika belum diterapkan secara baik, dan
masih terbatasnya bahan ajar yang menunjang proses pelaksanaan pembelajaran.
Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah membuat modul fisika berbasis
pembelajaran inkuiri. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan
validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari modul fisika berbasis pembelajaran
inkuiri dan RPP pada materi hukum newton tentang gerak dan gravitasi.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development
(R&D). Objek dari penelitian ini adalah modul fisika berbasis pembelajaran
inkuiri dan RPP yang diuji cobakan kepada siswa kelas X SMAN 13 Padang.
Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji
validitas, lembar uji praktikalitas, lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil
belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk,
analisis praktikalitas produk, dan analisis efektivitas produk.
Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat
disimpulkan beberapa hal berikut. Pertama, validitas produk memiliki tingkat
validitas tinggi dengan nilai rata-rata validasi modul fisika berbasis pembelajaran
inkuiri yaitu 89,47 dan RPP yaitu 90,74 dengan kriteria masing-masingnya sama
yaitu sangat valid. Kedua, menurut respon guru nilai rata-rata kepraktisan
penggunaan modul fisika berbasis pembelajaran inkuiri dan RPP yaitu 95,93 dan
98,40, dengan kriteria sangat praktis dan kepraktisan modul fisika berbasis
pembelajaran inkuiri menurut respon siswa yaitu 86,34. Ketiga, penggunaan
modul fisika berbasis pembelajaran inkuiri efektif untuk digunakan dalam
pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inkuiri
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 29 Sep 2025 08:20
Last Modified: 29 Sep 2025 08:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25936

Actions (login required)

View Item
View Item