Nifitri, Miza (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan PjBL terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_MIZA_NIFITRI_1302377_296_2018.pdf [thumbnail of B1_05_MIZA_NIFITRI_1302377_296_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_MIZA_NIFITRI_1302377_296_2018.pdf
Download (7MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan
dilapangan yaitu di SMKN 5 Padang, masih banyaknya siswa kelas X TAV yang
memperoleh hasil belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada
mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika yang ditetapkan sekolah yaitu 75.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran
saintifik PjBL pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X Teknik
Audio Video di SMKN 5 Padang Tahun Ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel
dengan menggunakan teknik Probability Sampling dengan desain Simple Random
Sampling. Sampel penelitian yaitu kelas 1E1 A sebagai kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran STAD dan kelas 1E1 B sebagai kelas kontrol
menggunakan model pembelajaran PjBL. Teknik pengumpulan data dari post-test
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji
homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 82,19,
sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 77,53. Hasil perhitungan
hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu 2,575> 1,696,
karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini
memperlihatkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan
antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan
penggunaan model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran Dasar Listrik dan
Elektronika siswa Teknik Audio Video di SMKN 5 Padang. Maka model
pembelajaran STAD lebih baik di bandingkan dengan model pembelajaran PjBL.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 08:04 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25929 |