Arnas, Septa (2011) Pengaruh Penerapan Penilaian Kinerja dalam Pembelajaran Bervariatif Terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SEPTA ARNAS-84088-2011.pdf [thumbnail of final_B1_SEPTA ARNAS-84088-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SEPTA ARNAS-84088-2011.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di sekolah bahwa masih
rendahnya kompetensi fisika siswa. Rendahnya kompetensi fisika siswa diantaranya
disebabkan oleh proses pembelajaran dan proses penilaian yang diterapkan guru tidak
bervariatif. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah penerapan penilaian
kinerja dalam pembelajaran bervariatif.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research)
dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control Group Only Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 7
Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian
adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol yang homogen secara kognitif. Kedua
kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling dan terpilih kelas
VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis
data penelitian adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah
kognitif dan psikomotor, sedangkan ranah afektif melalui interpretasi data yang
ditampilkan dalam grafik secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kognitif, nilai rata-rata tes
akhir kelas eksperimen adalah 76,70 sedangkan kelas kontrol 73,44. Pada ranah
psikomotor, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,14 sedangkan kelas kontrol
76,14. Ranah afektif, aktivitas dan tingkah laku siswa pada kelas eksperimen
memenuhi kriteria baik pada setiap aspek pengamatan dibandingkan dengan kelas
kontrol. Hal ini terbukti melalui grafik perkembangan tingkah laku siswa setiap
pertemuan untuk masing-masing aspek. Oleh karena itu, hipotesis kerja yang
berbunyi ” Terdapat Pengaruh Yang Berati Penerapan Penilaian Kinerja Dalam
Pembelajaran Bervariatif Pada Materi Cahaya Terhadap Pencapaian Kompetensi
Siswa pada Kelas VIII SMPN 7 Padang pada ranah kognitif dan psikomotor secara
kuantitatif serta ranah afektif secara kualitatif ” dapat diterima pada taraf nyata 0,05.
Dengan demikian Penilaian kinerja dalam pembelajaran bervariatif dapat
meningkatkan pencapaian kompetensi fisika siswa pada ranah kognitif, afektif, dan
psikomotor.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 08:04 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 08:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25928 |