Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 10 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011

Rifandi, Ronal (2011) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 10 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RONAL RIFANDI-83943-2011.pdf] Text
final_B1_RONAL RIFANDI-83943-2011.pdf

Download (157kB)

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 10 Padang masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Khususnya dalam pembelajaran matematika,yang masih terpusat pada guru dan bersifat monoton. Guru sudah berusaha untuk
menarik minat siswa, namun siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dengan adanya beberapa siswa yang bermalas-malasan. Selain itu, interaksi siswa masih rendah karena belum adanya
saling berbagi pengetahuan tentang pelajaran matematika yang mereka miliki.Akibatnya hasil belajar matematika siswa belum sesuai dengan yang diharapkan.Melihat permasalahan ini, maka diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Team
Games Tournament (TGT) dengan rumusan masalah bagaimanakah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kreatif tipe TGT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil
belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kreatif tipe TGT di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan The One Shoot Case Study. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA 2 SMA
Negeri 10 Padang. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling dari populasi penelitian yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Padang tahun pelajaran 2010/2011. Untuk mengambil data digunakan lembar observasi aktivitas siswa
dan tes hasil belajar berupa tes essay. Data yang diperoleh dari lembar observasi dianalisis dengan menggunakan persentase, sedangkan data yang diperoleh dari
hasil belajar dianalisis dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk SMA Negeri 10 Padang, KKM yang telah ditetapkan adalah 80. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi terlihat bahwa pada tahap diskusi kelompok, aktivitas yang mengalami peningkatan disetiap pertemuan
yaitu aktivitas menyampaikan ide/ menyelesaikan soal di depan kelas dan aktivitas mengerjakan latihan dengan serius. Sedangkan pada tahap turnamen akademik siswa mengerjakan soal turnamen dan mematuhi aturan turnamen dengan baik. Berdasarkan tes hasil belajar yang diikuti oleh 33 orang siswa,75,76% siswa dinyatakan sudah berhasil mencapai nilai KKM.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2025 08:00
Last Modified: 29 Sep 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25911

Actions (login required)

View Item
View Item