Putri, Sepni Dina (2011) Persepsi Siswa Terhadap Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMA N 1 Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_SEPTI_DINA_PUTRI_88429_2011.pdf [thumbnail of final_B1_SEPTI_DINA_PUTRI_88429_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_SEPTI_DINA_PUTRI_88429_2011.pdf
Download (527kB)
Abstract
Profesionalisme guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan dan kualitas
suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang
berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian. Adapun
guru profesional itu sendiri adalah guru yang berkualitas dan berkompetensi.
Kompetensi yang harus dikuasai oleh guru yaitu kompetensi kepribadian,
pedagogik, profesional dan sosial. Guru yang profesional diharapkan mampu
mempengaruhi proses belajar siswa, yang nantinya akan meningkatkan hasil
belajar siswa. Hasil belajar merupakan suatu prestasi yang dicapai seseorang
dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga terjadi perubahan dari individu.
Selain dari profesionalisme guru, persepsi siswa juga sangat menentukan hasil
belajar siswa. Persepsi merupakan pandangan, gambaran dan pendapat seseorang
tentang apa yang dipersepsikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui persepsi siswa terhadap profesionalisme guru mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi dan kaitannya dengan hasil belajar siswa di
Kelas XI SMA N 1 Ranah Pesisir.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif yaitu
mengungkapkan masalah yang tejadi pada masa sekarang sebagaimana adanya.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik kuesioner atau
angket populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah
sebanyak 223 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive random
sampling dan dengan metode dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 56
orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data angket persepsi siswa dan data
hasil belajar siswa. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan persentase dan
analisis regresi sederhana untuk mengetahui kaitan/ hubungan antara persepsi
siswa terhadap profesionalisme guru TIK dengan hasil belajar siswa. Selanjutnya
data penelitian disimpulkan dalam bentuk analisis interpretasi data.
Dari hasil penelitian diperoleh persepsi siswa terhadap profesionalisme
guru mata pelajaran TIK kelas XI N 1 Ranah Pesisir sebesar 79% yang berarti
berada pada kualifikasi cukup baik. Sedangkan berdasarkan analisis regresi
sederhana diperoleh nilai nilai rhitung adalah 0,743, lebih besar dari rtabel 0,254
pada taraf signifikan α 0,05 dan 0,330 pada taraf signifikan α 0,01 yang
menandakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa
terhadap profesionalisme guru mata pelajaran TIK dengan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 08:00 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25909 |