Hendriadi, Hendriadi (2011) Efektivitas Penggunaan Lembaran Kerja Siswa dan Tugas Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMAN 1 Bayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HENDRIADI_88337_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HENDRIADI_88337_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HENDRIADI_88337_2011.pdf
Download (255kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA N 1 Bayang, terlihat
proses belajar mengajar masih kurang memuaskan. Hal ini di buktikan dengan
kurangnya variasi dalam menyampaikan materi pelajaran pada mata pelajaran TIK
yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa, sehingga siswa merasa kesulitan
dalam menbayangkan hal yang bersifat abstrak dan memerlukan visualisasi. Untuk
mengatasi masalah tersebut, dilaksanakanlah suatu penelitian dengan
membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan media lembaran kerja siswa
dan tugas terstruktur dalam pembelajaran dengan hasil belajar siswa yang tidak
menggunakannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media
lembaran kerja siswa dan tugas terstruktur pada mata pelajaran Teknologi Informasi
dan Komunikasi di SMAN 1 Bayang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy
eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1Bayang,
pada tahun ajaran 2010/2011. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah dengan purposive sampling, yaitu yang menjadi sampel adalah
siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Bayang (kelas eksperimen) dan siswa kelas XI
IPA 1 SMA Negeri 1 Bayang (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan alat pengumpul data yaitu lembaran
soal tes. Setelah di peroleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji
homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-tes.
Dari hasil penelitian rata-rata nilai siswa dari pembelajaran yang
menggunakan Media LKS dan tugas terstruktur (74,5) lebih tinggi dari pembelajaran
yang tidak menggunakan Media LKS dan tugas terstruktur (62,3). Hasil uji t hitung > t
tabel , yaitu 6,6521 > 1,994 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
pembelajaran TIK dengan menggunakan Media LKS dan tugas terstruktur dengan
materi pelajaran membuat presentasi teks dengan varian tabel, grafik, gambar dan
diagram lebih efektif belajarnya jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang
tidak menggunakan Media LKS dan tugas terstruktur di SMA Negeri 1 Bayang pada
taraf kepercayaan α 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 07:58 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 07:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25906 |