Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri pada Siswa Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh kota Padang

Perawati, Perawati (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri pada Siswa Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_PERAWATI_90744_2011.pdf] Text
final_B1_PERAWATI_90744_2011.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa
pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan
pengamatan peneliti pada tanggal 25 November 2010 ditemukan hasil belajar IPA
siswa masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin
mencoba meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan
Inkuiri pada Siswa Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh kota
Padang
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari
dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,refleksi.
Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang
diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, dan tes. Subjek peneliti adalah
guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 34 orang. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian
proses (afektif dan psikomotor), penilaian hasil (kognitif) dan rambu-rambu
lembaran pengamatan penggunaan pendekatan Inkuiri dari aspek guru dan siswa.
Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diadakan tes yang dianalisis
dengan menggunakan penilaian dengan tolak ukur keberhasilan kelas minimal
67%. Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Inkuiri pada siklus I
dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh nilai
rata-rata aspek kognitif 70, nilai rata-rata aspek Afektif 76,12 dan nilai rata-rata
aspek psikomotor 77,12 dan pada siklus II rata-rata aspek kognitif 90,29, nilai
rata-rata aspek afektif 84, dan nilai rata-rata aspek psikomotor 83,85. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan
pendekatan Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD
Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN INKUIRI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:57
Last Modified: 29 Sep 2025 07:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25892

Actions (login required)

View Item
View Item