Profesionalisasi Guru Sejarah dalam Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran

Gustion, Hendri (2011) Profesionalisasi Guru Sejarah dalam Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HENDRI_GUSTION_60863_2699_2011.pdf] Text
final_B1_HENDRI_GUSTION_60863_2699_2011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Guru merupakan salah satu unsur yang terlibat dalam proses pembelajaran.
Berhasil atau tidaknya seorang guru dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh
banyak faktor, salah satunya adalah bagaimana perencanaan atau rencana
pembelajaran dibuat atau dirancang sebelum proses pembelajaran dan bagaimana
pelaksanaan pembelajaran. Ada guru yang membuat RPP terkadang tidak sesuai
dengan apa yang diajarkannya kepada peserta didik, sehingga dalam proses
pembelajaran materi yang diajarkan sering melenceng dari apa yang telah
dituliskan dan dirumuskan dalam RPP, bahkan dalam mengajar guru tidak
mempersiapkan rancanagan pembelajaran dengan baik padahal rencana
pengajaran itu berguna sebagai pedoman dalam proses belajar mengajar agar
tercapainya hasil belajar yang diharapkan. Penelitian ini dilihat berdasarkan
komponen-komponen RPP yang telah dibuat guru seperti; silabus, RPP dan segala
kelengkapannya serta bagaimana pelaksanaannya di dalam kelas. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat bagaimana profesionalisasi guru sejarah dalam
merancang dan melaksanakan pembelajaran di dalam kelas di SMPN 1 Bayang
Utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan
positivistik. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi dan
wawancara terhadap informan. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif,
melalui beberapa tahapan yaitu: reduksi data, klasifikasi data, pengambilan
kesimpulan dan verifikasi data, serta membuat laporan hasil penelitian.
Hasil anlisis menunjukkan bahwa dalam merancang pembelajaran guru
masih belum mampu mempersiapkan pembelajaran dengan baik hal ini terlihat
dari kekurangan pada media pembelajaran yang digunakan, masih kurangnya
media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar, serta teknik penilaian
yang terdapat pada RPP, masih belum terlihat bagaimana guru sejarah dalam
melakukan penilaian dan dalam pelaksanaan pembelajaran guru sejarah di SMP
Negeri 1 Bayang Utara juga tidak berpedoman pada perencanaan yang telah
dibuat.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa, terdapat ketidak
profesionalan guru dalam merangcang dan melaksanakan pembelajaran. Hal ini
disebabkan oleh berbagai faktor antara lain: guru berangapan bahwa materi yang
diajarakan dari tahun ketahun sama dan lemahnya pengawasan terhadap kesiapan
guru dalam mempersiapkan program pengajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:57
Last Modified: 29 Sep 2025 07:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25891

Actions (login required)

View Item
View Item