Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa Melalui Metoda Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Las Dasar di Kelas X SMK Negeri 5 Padang

Hansen, Romy (2010) Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa Melalui Metoda Pembelajaran Explicit Instruction Pada Mata Pelajaran Las Dasar di Kelas X SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ROMY_HANSEN_65588_1162_2010.pdf] Text
final_B1_ROMY_HANSEN_65588_1162_2010.pdf

Download (176kB)

Abstract

Mata pelajaran Las Dasar pada dasarnya mengajarkan tentang keterampilan menggunakan peralatan las untuk menyambung dan memotong suatu benda dari logam besi, dengan demikian siswa dituntut untuk terampil dalam penggunaan peralatan las contohnya menyambung suatu benda, memotong dan menggunakan
alat secara baik dengan memperhatikan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)sekaligus dalam kemampuan aspek berfikir (intelektual) serta memiliki sikap yang baik dalam pemanfaatan informasi. Melihat berbagai ketimpangan di kelas yang berakibat kurangnya keterampilan siswa antara lain disebabkan karena mereka kurang mengetahui bagaimana cara melatih agar keterampilan siswa berkembang.
Sementara itu guru dalam proses pembelajaran sering tidak melaksanakan metode pembelajaran yang bervariasi dan tidak mempunyai/membuat instrumen unjuk kerja dimana dapat meningkatkan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan atau melihat keterampilan las siswa Kelas X M SMK Negeri 5 Padang pada mata pelajaran Las Dasar dengan metode pembelajaran explicit instruction. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas,
sedangkan subjek penelitian adalah siswa Kelas X M 1 SMK Negeri 5 Padang pada semester genap Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah 33 orang siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan siswa Kelas X M 1 SMK Negeri 5 Padang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan explicit instruction meningkat dari siklus I sampai siklus III. Jadi dapat disimpulkan
dengan metoda pembelajaran explicit instruction keterampilan siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:56
Last Modified: 29 Sep 2025 07:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25886

Actions (login required)

View Item
View Item