Zulvia, Pepi (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_PEPI ZULVIA_86100_2011.pdf [thumbnail of final_B1_PEPI ZULVIA_86100_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_PEPI ZULVIA_86100_2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Materi yang disajikan pada buku pegangan guru maupun siswa belum
memberikan langkah-langkah kerja yang bisa membantu siswa menemukan dan
mengkontruksi sendiri konsep-konsep Matematika. Kondisi ini mendorong siswa
untuk cenderung menghafal, tanpa memahami materi yang mereka pelajari.
Akibatnya, pelajaran Matematika dianggap sulit dan membosankan. Salah satu cara
yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan pengembangan
perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat
pembelajaran dengan pendekatan kontekstual yang terdiri dari LKS dan RPP yang
valid, praktis dan efektif pada materi segiempat.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan Four-D. Prosedur penelitian terdiri dari 3 tahap, yaitu: tahap define
(pendefenisian), tahap design (perancangan), dan tahap develop (pengembangan).
Pada tahap define (pendefenisian) dilakukan analisis kurikulum, analisis siswa dan
analisis konsep. Pada tahap design (perancangan) ada dua langkah, yaitu penyusunan
dan pemilihan format perangkat pembelajaran. Pada tahap develop (pengembangan),
perangkat pembelajaran divalidasi oleh ahli dan diujicobakan di kelas VII.B SMP
Negeri 2 Padang Panjang pada tahun ajaran 2010/2011. Kepraktisan perangkat
pembelajaran dilihat dari hasil angket, observasi dan wawancara yang dilakukan
terhadap siswa dan guru. Efektifitas perangkat pembelajaran dilihat dari hasil belajar
dan respon siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis
pendekatan kontekstual yang dikembangkan pada materi segiempat dikategorikan
valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran dikategorikan valid karena sudah
memenuhi syarat didaktik, konstruksi, teknis, penggunaan bahasa dan mencirikan
komponen-komponen kontekstual. Kepraktisan perangkat pembelajaran terlihat dari
keterbacaan, keterlaksanaan dan waktu yang diperlukan pada saat ujicoba tidak
mengalami banyak kendala. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis data diperoleh
bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual mencapai 90% dan respon yang
diberikan oleh siswa dan guru terhadap perangkat pembelajaran diterima dengan
baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERANGKAT PEMBELAJARAN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:39 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/25885 |